Apr 6, 2011

Tips untuk Mencegah Mata Lelah Didepan Komputer

Bagi anda yang sering berlama-lama depan komputer akan menimbulkan efek yang kurang baik diantaranya, mata kelalahan. Hal ini dapat saja dihindari dengan mencoba beberapa tips di bawah ini:

Mengatur tampilan kontras monitor anda.

Tampilan tiap monitor tentunya berbeda, dan ini dapat anda lakukan dengan mudah dengan merubah settingan monitor anda ke tampilan yang lebih lembut sehingga mata anda tidak akan mudah merasakan lelah.

Menggunakan monitor LCD

Monitor tabung (CRT) akan memberi efek yang buruk dibanding LCD, karena energi yang dibutuhkan jauh lebih besar. Meskipun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT, tetapi ini akan berdampak baik bagi Anda untuk selanjutnya.

Tapi bila Anda masih menyayangi monitor CRT, sebaiknya menggunakan filter antiradiasi, ini adalah solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata.

Mengenakan kacamata anti radiasi


Meskipun menimbulkan ketidaknyamanan saat memakainya, akan tetapi kacamata ini lebih penting untuk kesehatan mata anda, dan tentunya anda harus menambah biaya lagi untuk memilikinya.

Mengatur jarak pandang anda

Jarak pandang aman Anda ke monitor disarankan sekitar 20-40 inchi atau 50-100 cm dari mata. Jika Anda kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah memperbesar font hingga Anda merasa nyaman.

Mengistirahatkan mata anda.

Salah satu cara mudah untuk mengistirahatkan mata anda adalah dengan mengalihkan pandangan anda dari monitor komputer ke arah yang lebih jauh, disarankan tiap lima menit. Anda juga bisa mencari aktifitas lain untuk mengalihkan perhatian anda dari monitor.

Selain tips di atas tentunya ada banyak tips lainnya, namun demikian hal ini sudah bisa anda jadikan sebagai langkah awal untuk mencegah mata anda kelelahan akibat aktifitas yang selalu berhubungan dengan komputer.