Nov 5, 2008

5 Peristiwa Heboh Dunia Blogging Indonesia

Membicarakan dunia blogger memang tidak kalah serunya dengan membicarakan dunia hiburang, apalagi jika para blogger yang dibicarakan adalah para blogger-blogger papan atas Indonesia hahahaha. Tapi kali ini saya ga mau berbicara tentang blogger-blogger selebritis Indonesia, namun ingin sedikit berbagi tentang 5 Peringkat Peristiwa Heboh yang pernah terjadi di dunia blogger Indonesia yang kebetulan berhubungan dengan para Master Blogger di Indonesia.

Di peringkat kelima terjadi di bulan Agustus 2007 yang lalu, ketika para blogger-blogger pelaku bisnis Google Adsense barsatu mengkampanyekan SAVE GOOGLE ADSENSE. Hal ini berawal ketika beberapa publisher Adsense dibanned massal hanya karena Google mengetahui adanya tindakan kecurangan yang dilakukan oleh beberapa publisher nakal. Suasana blogosphere Indonesia saat ini memang cukup panas, mengingat para blogger terkenal seperti Cosaaranda , Isnaini dan lain-lain mengkampanyekan hal ini melalui artikel-artikel mereka yang cukup panas. ) Mudah-mudahan kampanye ini terus berlanjut untuk menindak para pelaku Adsense yang menampilkan Adsense di blog-blog download MP3, novel, komik atau blog yang melanggar hak cipta lainnya serta di blog-blog yang mengangkat unsur pornografi.



Di posisi keempat, terdapat peristiwa yang cukup menghebohkan kalangan blogger Indonesia yang terjadi di bulan Maret 2008 yang lalu. Peristiwa ini berawal akibat kekecewaan seorang blogger bernama Eko yang tawaran Link Exchangenya ditolak oleh Bayumukti sehingga mempublish artikel yang mempertentangkan antara Blogger “Blogspot” dan “wordpress”. Hal ini semakin runcing ketika Cosaaranda dan Tikabanget ikut campur sehingga semakin memperkeruh dan memanaskan keadaan yang alhasil semakin mempopulerkan blog-blog yang bersangkutan.

Di posisi ketiga terdapat peristiwa yang baru-baru ini terjadi yaitu pada tanggal 31 Juli 2008. Peristiwa ini terjadi di blognya NdoroKakung seorang Blogger senior yang menjabat sebagai Chairman Pesta Blogger 2008. Lewat sebuah artikelnya yang berjudul Penipu Pecas Ndahe beliau tanpa perasaan membongkar email konsultasi seorang blogger yang didalamnya memuat nama-nama para blogger penipu serta blogger-blogger yang menjadi korbannya. Artikel yang dipublish tanpa sensor dan tanpa perasaan ini mengguncang dunia blogger Indonesia, mengingat seorang Ndorokakung yang seharusnya menjadi panutan dan mempersatukan para Blogger justru menginjak-nginjak kepercayaan yang diberikan kepadanya, bahkan hingga hari ini tak ada penjelasan dan permintaan maaf terbuka dari beliau, yang ada justru sebuah artikel yang Mengkotak-kotakkan para Blogger yakni blogger ningrat dan blogger pinggiran. Sangat disayangkan mengingat kedudukannya sebagai Pimpinan Pesta Blogger 2008 yang seharusnya mengayomi para blogger di Indonesia.

Di posisi kedua saya menganugerahkan persitiwa yang saya lakukan sendiri wkwkwkwk. Boleh dong… Peristiwa ini terjadi di akhir Juli 2008 yang lalu, dimana saya melaksanakan Event 100 Review dalam 200 Jam. Sebuah peristiwa akbar yang bertujuan mempersatukan para blogger di Indonesia. Lewat event ini terbukti mampu memperkenalkan 100 buah blog yang mungkin sebelumnya tidak diketahui oleh beberapa blogger. Setelah event ini, beberapa blogger yang tadinya tidak saling mengenal ternyata menjalin sebuah persahabatan baru yang sebelumnya belum pernah terjalin antara blogger persahabatan dan blogger bisnis. Sayangnya event yang positip ini tidak mendapat perhatian dari pihak-pihak yang menamakan dirinya para petinggi blogger di Indonesia.

Di posisi pertama saya sengaja mencantumkan peristiwa heboh yang harus diketahui oleh semua blogger di Indonesia. Peristiwa ini ialah berkumpulnya dan bersatunya para blogger-blogger senior Indonesia dalam menyelenggarakan PESTA BLOGGER 2007. Tercatat beberapa orang blogger senior dalam peristiwa ini seperti: Priyadi, Wimar Witoelar, Enda Nasution dan lain-lain. Peristiwa ini boleh dikatakan sukses sehingga menarik perhatian pemerintah dan tercanangkanlah tanggal 27 Oktober hari pelaksanaan Pesta Blogger 2007 itu sebagai Hari Blogger Nasional. Sayangnya kesuksesan ini tidak diikuti dengan tindakan nyata lebih lanjut dalam menampung anspirasi para blogger. Di tahun 2008 ini Pesta Blogger sama sekali belum menyentuh masalah utama yang dihadapi para blogger Indonesia yakni Persatuan, lebih jauh saya mengatakan bahwa hingga kini belum ada Tindakan Nyata dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi para blogger di Indonesia seperti ketidak sehatian antara blogger Blogspot dan WordPress, antara blogger persahabatan dan blogger bisnis dan masalah-masalah lain yang seharusnya lebih penting daripada sekedar pesta cari muka yang hanya menghabis-habiskan waktu dan biaya. Namun tentunya hal ini ga berlaku jika Pesta Blogger hanyalah dikhususkan bagi para blogger Elit saja. )

Dengan mengetahui 5 peristiwa di atas, saya mengharapkan agar ke depan para Blogger Indonesia bisa semakin bersatu dan mampu membuktikan bahwa Blogger Bukanlah Hacker apalagi jika di cap sebagai Penjahat Online. Mari kita tunjukkan bahwa sebagai Blogger kita mampu mengharumkan nama Bangsa di kancah internesional, tapi ga usah semuluk itu dulu deh setidaknya mari kita mulai dari diri kita sendiri dengan mengangkat artikel hasil pikiran kita sendiri, bukan hasil COPAS dari blog saudara kita yang lain hehehe. Hidup Blogger Indonesia