Jadi perempuan di zaman sekarang harus serba bisa. Mulai dari mengurus rumah tangga, keluarga sampai mengelola bisnis. Dalam acara Seminar “Perempuan dan Uang” yang di gelar N0va dan Bundainbiz beberapa waktu lalu, General Manager Yummy Food Utama Muasis Andang menyampaikan 4 alasan mengapa perempuan harus berbisnis.
1. Memperkecil Resiko
Di masa sekarang, bukan hal asing lagi kalau dalam rumah tangga baik suami maupun istri sama-sama bekerja. Namun, tak jarang pula hanya suami yang bekerja dan menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Nah, agar bisa semakin menunjang kebutuhan hidup sehari-hari, tak ada salahnya bila istri menjalankan bisnis dari rumah.
Dengan begitu, sumber pemasukan dari suami tetap “aman” sementara istri bisa ikut menunjang nafkah keluarga. Resiko suami ditegur kantor karena berbisnis di luar pekerjaan utamanya pun bisa dihindari. Yang perlu diingat, suami-istri saling mendukung dalam menjalankan bisnis tersebut.
2. Multitasking
Salah satu kelebihan yang dimiliki perempuan adalah bisa mengerjakan banyak hal sekaligus (multitasking). Misalnya, memasak sambil menjaga anak. Karakteristik ini adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan dalam berbisnis, “Dan ini tidak dimiliki pria,” kata Muassis. Perempuan bisa menjalankan fungsi-fungsi dalam bisnis sekaligus mulai dari pemasaran, penjualan, sampai manajemen SDM.
3. Pengambil Keputusan
Coba perhatikan, umumnya siapa yang menentukan pilihan rumah yang akan dibeli, perabotan dan keperluan rumah tangga, atau baju dan kemeja untuk suami. Para ibu, bukan? “Disadari atau tidak, wanita merupakan pengambil keputusan utnuk hampir setiap pembelian yang terjadi,” ujar Muassis.
Bisa dikatakan, perempuan adalah konsumen terbesar dari hampir semua produk yang ada di pasaran. Jika posisinya di balik perempuan sebagai produsen atau pebisnis, maka “perempuan akan lebih faham dan dapat merasakan keinginan konsumen sebagai representasi dari dirinya sendiri,” jelas Muassis.
4. Era Informasi
Satu hal lagi yang menjadi kelebihan perempuan adalah kemampuannya membentuk networking dan berkomunikasi. Ini bisa ditunjukkan lewat komunitas-komunitas yang banyak diikuti dan dibentuk perempuan. Utamanya, di era teknologi dan informasi seperti sekarang ini. Muassis menyebutkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan pada tahun 2000, enam dari 10 pengguna website adalah perempuan. Bisnis online pun menjadi alternatif yang menguntungkan.
Dengan naluri berkomunikasi dan networking perempuan yang umumnya melebihi pria, Muassis optimis perempuan akan lebih sukses berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang kian pesat.
Siapa tahu, dengan mengoptimalkan empat hal tersebut dan disertai perencanaan dan pengelolaan yang matang, Anda pun bisa menjadi perempuan yang dikenal karena sukses berbisnis seperti Oprah, Moeryati Sudibyo, dan Sumiwilujeng.
sumber : http://usahadi-rumah.com/wanita-berbisnis-mengapa-tidak/